Riungan Oase 2020

Riungan Oase 2020 merupakan ajang kumpul-kumpul santai keluarga Klub Oase yang terbuka bagi umum. Anak-anak Klub Oase akan berbagi cerita pengalaman belajar bersama serta hasil dari proses belajarnya di tahun 2019 yang lalu. Sementara para orang tua saling bertukar cerita dinamika menjalani pendidikan berbasis keluarga.

Pada tanggal 8 Oktober – 5 November 2019, 5 orang adik-adik Penggalang Klub Oase berangkat ke Banyumas untuk live-in/tinggal bersama keluarga lokal di Desa Gunung Lurah, Cilongok, Banyumas. Kemudian pada tanggal 10 – 15 November 2019, 24 orang adik-adik Penggalang Klub Oase lainnya juga berangkat ke Desa Hegarmanah, Cidolog, Ciamis untuk melakukan kegiatan Eksplorasi dan tinggal bersama keluarga lokal juga.

Kedua pengalaman ini merupakan hal yang sangat berharga untuk dibagi, baik oleh adik-adik sebagai pelaku perjalanan, maupun oleh orangtua, mentor, fasilitator, teman perjalanan bahkan orangtua asuh yang rumahnya ditempati oleh adik-adik tersebut.

Berangkat dari kedua kegiatan ini, Klub Oase akan mengadakan Riungan Oase 2020. Acara ini didukung oleh Museum Nasional & Kementerian Pendidikan & Kebudayaan

Acara Riungan

Penasaran dengan cara belajar anak homeschooling? Kami akan berbagi cerita tentang petualangan belajar dengan tinggal & berkegiatan bersama penduduk Desa Hegarmanah, Cidolog, Ciamis dan Desa Gunung Lurah Banyumas. 

Behind the Scene
Eksplorasi & Live In

Bagaimana memanfaatkan perjalanan dan kehidupan nyata yang dijumpai sebagai sumber belajar? Refleksi dari pengalaman tiga tahun menjalankan program Eksplorasi & eksperimen baru dengan live-in.

Shanty Syahril
Mentor Eksplorasi & Live In

Belajar adalah Berpetualang

Keluar dari zona nyaman adalah pintu besar untuk bertumbuh dan belajar. Anak-anak belajar berpetualang, bukan hanya menjelajahi gagasan tetapi juga menjelajahi kehidupan. Bagaimana caranya?

Aar Sumardiono
Praktisi Homeschooling

Sharing Peserta Eksplorasi & Live-In

Peserta Eksplorasi dan Live-in akan berbagi cerita dan pelajaran yang dipetik dari perjalanan mereka selama tinggal di rumah keluarga asuh di Ciamis dan Banyumas.

Sekolah Tanpa Guru

Sekolah tanpa guru, bagaimana belajarnya? Bersama Kang Isrodin, Penjaga Kehidupan di MTs PAKIS, sekolah tanpa guru di tepi hutan lereng Gunung Slamet, Banyumas.

Kampung Zuhud

Kampung Zuhud sebagai fasilitator eksplorasi, yang membuka ruang untuk anak-anak live-in di Ciamis, akan berbagi cerita dan pengalamannya ketika menemani adik-adik tinggal di desa Hegarmanah, Cidolog, Ciamis.

Diskusi buku Percaya

Diskusi Buku Digital “PERCAYA, karena belajar bisa banyak cara, ruang kelasnya seluas angkasa”. Karya lima sekawan Pramuka OASE yang sebulan tinggal dan belajar dari kehidupan bersama keluarga besar MTs PAKIS. Pastikan baca dulu buku yang menerima banyak reaksi positif dari para pembacanya ini.

Penampilan Seni & Kreativitas

Penampilan seni dan kreativitas adik-adik siaga, penggalang Klub Oase dan siswa-siswi MTs Pakis - Banyumas.

Waktu

Sabtu, 1 Februari 2020

08.30 – 15.30 WIB

Museum Nasional

Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

Museum Nasional

Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

Riungan OASE 2020 bebas biaya atau GRATIS. 

Kami hanya akan meminta Dana Komitmen sebesar Rp 50.000,- per orang untuk memastikan kehadiran Anda.

Dana tersebut akan kami kembalikan utuh di hari-H, pada saat pendaftaran ulang peserta. Namun dana tidak akan kami kembalikan jika Anda berhalangan hadir.

Peserta akan dikenakan HTM Museum Nasional sebesar:
Dewasa Rp 5.000,- per orang
Anak Rp 2.000,- per orang

Untuk HTM, harap bayar langsung di loket tiket Museum. HTM juga berlaku untuk ikut tur Museum sesuai jadwal.

Tersedia 150 kursi bagi peserta dewasa dan remaja (12-17 tahun).

Bagi anak-anak usia kurang dari 12 tahun disediakan tempat lesehan di depan panggung, agar dapat lebih leluasa menikmati acara.

Apabila acara tidak dapat dilangsungkan karena keadaan kahar atau force majeure, maka Dana Komitmen tidak akan kami kembalikan.

Tidak ada pendaftaran di tempat

Mohon mendaftar sebelum acara untuk memastikan tempat bagi Anda dan keluarga. Harap hadir 15 menit sebelum acara dimulai. Kami tidak menerima pendaftaran di tempat.

Tidak Perlu Bukti Pendaftaran

Anda tidak perlu mencetak bukti pendaftaran. Cukup menunjukkan email konfirmasi kepada kami saat pendaftaran ulang.

Silakan Membawa Konsumsi Sendiri

Panitia tidak menyediakan makan siang. Peserta harap membawa bekal makan siang masing-masing di dalam wadah makanan yang bisa dipakai ulang (kotak makan) dan minuman dalam tumbler (botol minum). Riungan Oase 2020 menerapkan prinsip zerowaste. Kami tidak memperkenankan peserta membawa makanan dan minuman dalam kemasan plastik. Kami menyediakan air minum dalam galon untuk isi ulang botol minum Anda.